Nong Nooch Tropical Garden Pattaya

  • Sen, 19 September 2016
  • Admin
  • Garden
Nong Nooch Tropical Garden Pattaya
Dok. Home Living Indonesia

Kalau Singapura punya Gardens by The Bay, maka Thailand sudah lama memiliki Nong Nooch. Salah satu taman tematik terbesar di Asia. Nong Nooch terletak di Propinsi Chonburi, tepatnya di Pattaya, sekitar 30 menit dari pusat kota.

The Most Beautiful Botanical Garden

Taman tropis ini ditata sangat indah dan menarik. Sejauh mata memandang, berbagai tanaman, bunga, kolam dan batu-batuan disusun membentuk simetris yang menyejukkan mata.

Nong Nooch mungkin lebih dikenal sebagai pusat pertunjukan gajah dan kesenian tradisional Thailand. Tapi dibalik itu, Nong Nooch sebetulnya adalah Botanical Garden tercantik di Asia Tenggara, bahkan salah satu yang terindah di dunia.

Taman yang terletak di kaki bukit di Sukhumvit Road Pattaya ini mengoleksi berbagai jenis tumbuhan palem terlengkap di dunia. Nong Nooch juga merupakan rumah bagi ratusan jenis anggrek dari berbagai species dan negara, termasuk anggrek dari Indonesia. 

Dok. homelivingindonesia.com
zoom

Nong Nooch tropical garden dibuka untuk umum pada 1980. Taman seluas 600 hektar atau 2,4 kilometer persegi ini sejatinya memang didedikasikan untuk pelestarian berbagai jenis flora tropis.

Namun, belakangan, Nong Nooch menjadi salah satu spot pariwisata yang paling banyak dikunjungi di Pattaya, bahkan dua presiden Amerika dan pangeran Charles dari Inggris pun pernah berkunjung kesini.

Nong Nooch awalnya adalah tanah kosong yang hanya ditumbuhi rerumputan dan pohon kelapa. Pada 1954, Pisit and Nongnooch Tansacha membeli lahan seluas 600 Hektar itu untuk menaman berbagai jenis buah-buahan yang memang banyak dihasilkan di Thailand. Namun, pemilik memutuskan untuk menjadikan Nong Nooch sebagai taman konservasi berbagai jenis tumbuhan.

Dok. homelivingindonesia.com
zoom

Tematik Garden

Saat ini Nong Noch terdiri terbagi dalam beberapa kawasan tematik, seperti French Garden yang merupakan miniatur dari taman di Perancis, European Garden, Stonehengen Garden yaitu taman dengan batu batuan yang disusun sedemikian rupa.

Selain itu di Nong Nooch juga terdapat taman cactus bernama Cactus & Suculent Garden, Variegated Garden, Orchid  & Bromeliad Display Garden.

Tentu tidak semua bagian dari taman ini bisa dinikmati dengan berjalan kaki, karena begitu luasnya. Namun, pengelola taman botanical ini menyediakan mobil tanpa dinding agar pengunjung bisa melihat taman ini dengan detail dari setiap tematik yang dimilikinya.

Dok. homelivingindonesia.com
zoom

Di beberapa bagian, terdapat menara pantai, agar kita bisa melihat susunan bunga dan tanaman yang ditata dengan rapi dari ketinggian. Bentuknya sungguh mempesona setiap pengunjung yang datang.

Pada hari tertentu menjelang petang, di beberapa bagian taman ini, juga menjadi tempat yang nyaman untuk menghirup segarnya oksigen tropis. Di sudut lain, orang-orang tua berlatih taichi atau sekadar senam ringan.

Untuk membiaya taman yang luas ini, pemerintah Chonburi dan pengelola taman ini mengenakan tarif masuk pada setiap turis yang datang. 

* Penulis & Fotografer  Ahsan Andi Husain
Lokasi Nong Nooch, Pattaya, Chonburi Province, Thailand

0 Comments

Leave A comment