Taman Top dengan Topiari

  • Kam, 15 September 2016
  • Admin
  • Landscape
Taman Top dengan Topiari
Dok. Home Living Indonesia

Bagi Anda yang merasa memiliki jiwa seni yang tinggi, taman bisa menjadi media untuk menumpahkan ekspresi seni tersebut.

Pada artikel-artikel sebelumnya dibahas berbagai media yang bisa dipilih, mulai dari menata komposisi tanaman, membuat mozaik, hingga membuat mural di taman. 

Berawal dari Romawi

Salah satu tren yang sedang berkembang di dunia pertamanan adalah kegiatan topiary. Topi apa? topiary. Ini adalah sebuah kegiatan membentuk tanaman hidup dengan melakukan pemotongan dan pemangkasan daun dan cabangnya.

Bentuk yang dipilih terserah Anda sebagai perancang dan pelaku seninya. Anda bisa membuat bentuk-bentuk geometris untuk merapikan suasana taman Anda, bentuk hewan, atau bentuk-bentuk fantastis yang tidak beraturan seperti awan atau air mengalir. 

Dok. homelivingindonesia.com
zoom

Banyak referensi yang bisa dipakai untuk mencari ide, karena topiary sendiri bukan sebuah kegiatan yang baru. Bahkan, sejarah panjang topiary konon bermula pada jaman pemerintahan Julius Caesar di Kekaisaran Romawi.

Pada masa itu topiary dibuat untuk membawa suasana alam ke dalam rumah-rumah bangsawan Romawi, sehingga bentuk-bentuk binatang atau miniatur pohon menjadi dominan. setelah itu perkembangannya menyebar ke Asia, terutama di Cina dan Jepang.

Dok. homelivingindonesia.com
zoom

Pilih Jenis Tanaman

Tanaman yang digunakan untuk membuat topiary pada dasarnya adalah tanaman semak dan pohon yang kecil, lebat, dan memiliki kecenderungan tumbuh padat.

Tanaman seperti teh-tehan (Acalypha siamensis) atau beberapa keluarga cemara bisa menjadi pilihan. Tentunya Anda bebas memilih jenis tanaman, pada intinya karakteristik di atas lebih memudahkan Anda mencapai bentuk yang diinginkan.

Kadangkala diperlukan juga menggunakan elemen pembantu seperti kawat ayam atau rangka dari besi. 

Dok. homelivingindonesia.com
zoom

Tanaman di halaman Anda yang akan dibentuk tidak harus berdiri sendiri. Anda bisa mengkombinasikannya dengan berbagai elemen taman lainnya.

Ajaklah keluarga Anda untuk memberikan ide bentuk yang diinginkan. Jadikanlah taman Anda menjadi taman impian yang memberikan suasana baru dan segar bagi keluarga Anda. Jadikanlah taman Anda taman yang top dengan topiary.

* AGUS R. SOERIAATMADJA ARSITEK LANSEKAP

0 Comments

Leave A comment