Sundial Garden

  • Rab, 21 September 2016
  • Admin
  • Landscape
Sundial Garden
Dok. Home Living Indonesia

Kadang-kadang manusia lupa mengapresiasi hal-hal biasa karena hal-hal tersebut seolah mudah didapat dalam jumlah seperti tanpa batas. Sebagai masyarakat di negara tropis, kita kerap lupa mensyukuri berlimpahnya sinar matahari yang ada sepanjang tahun. Pohon-pohonan di taman kita tidak perlu meliburkan diri di musim dingin, seperti di negara-negara empat musim.

Banyak cara di taman kita untuk mengingatkan diri dalam mengapresiasi hal-hal biasa yang luar biasa ini. Memperhatikan sinar matahari tidak hanya mengingatkan kita pada manfaat matahari pada makhluk hidup saja. Mengikuti pergerakan sinar matahari mengingatkan kita pada pergerakan bumi dalam tata surya, sehingga kita ingat akan keajaiban alam semesta. 

Dok. homelivingindonesia.com
zoom

Sebuah alat sederhana yang biasa digunakan untuk mengikuti pergerakan matahari adalah jam matahari, atau dalam bahasa Inggris disebut “sundial.” Dalam kaitannya dengan taman, jam matahari kerap dijadikan elemen utama atau “centerpiece” dari sebuah taman. Bentuknya yang menarik dan bisa disesuaikan ukurannya menjadikannya elemen yang sangat menarik, tidak hanya bagi pemilik taman tapi bagi tamu-tamu yang mengunjunginya. 

Jam matahari adalah sebuah alat yang dapat membantu menunjukkan waktu dengan memanfaatkan posisi bayangan dari matahari. Sejalan dengan arah pergerakan matahari, bayangan yang terbentuk akan menunjukkan pergerakan waktu. Ada banyak jenis dan bentuk jam matahari, sehingga bisa disesuaikan dengan selera Anda.

Dok. homelivingindonesia.com
zoom
 

Menarik juga untuk mencoba membuat sendiri jam matahari. Mungkin hasilnya tidak seakurat jam matahari yang dibuat ahlinya, namun cukup konsisten dan menyenangkan untuk dicoba. Jam matahari sederhana ini pada prinsipnya memanfaatkan lempengan horizontal sebagai dasarnya, dan elemen vertikal sebagai pembuat bayangan waktunya.

Anda tinggal menempatkan elemen pembentuk bayangan di arah utara – selatan, untuk membentuk bayangan mengikuti arah pergerakan matahari dari timur ke barat. Anda tinggal mengikuti pergerakan waktu setiap jam dan menandainya. Untuk tahu lebih jauh, di dunia maya banyak laman yang memberikan tips membuat jam matahari. 

Membuat taman jam matahari merupakan bentuk apresiasi kita pada alam. Anda akan terkesima dengan pola-pola bentuk yang ditawarkan alam pada kita. Garis-garis waktu bisa menjadi pola dasar taman Anda. Dengan sedikit kreatifitas Anda akan mewujudkan sebuah taman yang tidak hanya indah, tapi mengingatkan Anda pada kebesaran Penciptanya. 

* AGUS R. SOERIAATMADJA ARSITEK LANSEKAP

0 Comments

Leave A comment