Rudy Kelana Thinking of Design Concept

  • Jum, 9 September 2016
  • Wahyu Widodo
  • Designer
Rudy Kelana Thinking of Design Concept
Foto: Arno Santoso

Rudy mengenal dunia arsitek pada 1986. Saat itu teman sang kakak bertandang ke rumah membawa gambar-gambar yang merupakan tugas kuliahnya.

Saat itulah Rudy mulai tertarik dengan dunia arsitektur dan baru mengetahui ada profesi arsitek saat ia berbincang lebih lanjut. Kegemarannya dalam menggambar sejak bersekolah di Canisius College Menteng, akhirnya membawa Rudy memutuskan kuliah di Jurusan Arsitektur Universitas Tarumanegara.     

Baginya, konsep desain yang matang menentukan sukses atau tidaknya arsitek membuat sebuah bangunan. Kini Rudy bersama teamnya yang tergabung di “Wahana Cipta Selaras,” selalu mengutamakan desain yang berbeda pada setiap kliennya.

Tidak ada desain yang sama, karena desain adalah personality dari pemiliknya. “Sebuah desain yang baik akan membuat penghuni merasa nyaman,” jelas Rudy.

Dok. homelivingindonesia.com
zoom

Time to Library

Saat di bangku kuliah, Rudy kerap menghabiskan waktunya di perpustakaan untuk melihat buku arsitektur. Baginya ini penting untuk memperluas wawasannya terhadap desain sebuah bangunan.

Saat itu Tarumanegara termasuk universitas yang mempunyai perpustakaan lengkap, “ini sangat membantu saya dalam mencari ide menyelesaikan tugas-tugas kuliah saat itu,” tambahnya.

Dok. homelivingindonesia.com
zoom

Enjoy The Job

Sebagai arsitek yang baru lulus pada 1992, saat itu Rudy memulai kariernya di sebuah biro arsitek yang ditangani tiga orang arsitek senior. “Pekerjaan pertama sebagai drafter. Pada waktu itu belum mengenal komputer seperti sekarang. Semua dikerjakan secara manual,” kenang Rudy.

Bekerja di biro arsitek membuat Rudy sangat menikmati profesi ini, terlebih ini merupakan pengalaman berharga saat ia terjun ke lapangan.

Hingga 1994 akhir, saya memutuskan mempunyai kantor sendiri dengan membentuk Wahana Cipta Selaras”, cerita Rudy. Saat itu Rudy membuat kantor di kawasan Slipi, Jakarta Barat.  

Dok. homelivingindonesia.com
zoom

Sebuah ruang kecil yang merupakan rumah mertuanya menjadi kantornya. Mempunyai kantor sendiri merupakan tantangan terbesar saat itu.  Karena selain memikirkan inovasi desain, saat itu Rudy belum mempunyai banyak proyek seperti sekarang ini.

Promosinya pun hanya sebatas rekomen dari teman-temannya saja. Bermula dari proyek pertama sebuah private residential di daerah Kelapa Gading, akhirnya Rudy dan timnya mulai dapat membuktikan karyanya di dunia arsitektur. 

Dok. homelivingindonesia.com
zoom

Design Ideas

Sebenarnya konsep yang dibuat Rudy lebih ke arah pemikiran yang simple. “Setiap hari, saya selalu berpikir tentang konsep sebuah bangunan, bukan mencari bentuk,” jelas Rudy.

Pendekatan desain ke arah praktikal akan gerak manusia, perasaan dan kebutuhan hidup sehari-hari, ia kumpulkan sebagai data memulai konsep yang baru. Rudy selalu melihat apa yang kliennya butuhkan dan berusaha menangkap hal-hal kecil tentang kehidupan sehari-hari mereka.

”Itulah yang saya yakini bahwa desain sebuah rumah sangat personal”, tutur Rudy. Setelah semua data tercukupi, Rudy mencari esensi sebuah ruang, barulah mencari bentuk yang sesuai dengan konsep ruang yang mempunyai aspek kenyamanan dan fungsional.

Beberapa klien juga menganggap fengshui merupakan bagian dari sebuah desain, inilah tantangan yang juga harus Rudy wujudkan. “Jadi semua berangkat dari problem solving yang harus terakomodir dalam sebuah desain,” jelas Rudy. 

Dok. homelivingindonesia.com
zoom

Pioneer Market    

Dalam proses mendesain Rudy belum mengalami kesulitan yang berarti, tantangannya adalah  mencari klien sebanyak-banyaknya. Rudy mencoba membangun market sendiri dengan rekomendasi dari para klien.

Klien Rudy saat ini banyak dari kalangan menengah ke atas. Inilah yang membuat Rudy bersama teamnya untuk mendesain lebih kreatif lagi.

Pekerjaan yang dulu Rudy lakukan secara tradisional, kini bertambah dengan Gerard yang bergabung mulai tahun 2001. Lewat ketekunan menjalani profesinya kini Rudy bersama team Wahana Cipta Selaras sedang menangani private residential hingga commercial area.

0 Comments

Leave A comment