---

.: Majalah Home Living :.

---

logo

baner


Home / Home Interior / Design Corner / Nuansa Maroko pada Ruang Publik Hunian
19 Dec

Nuansa Maroko pada Ruang Publik Hunian

Rate this item
(0 votes)
Foto: Irkham Foto: Irkham

Arsitektur Maroko seolah menceritakan sejarah panjang percampuran berbagai budaya di Utara benua Afrika. Pengaruh budaya Moor, Arab dan Berber menghasilkan konsep arsitektur dan seni dekorasi bangunan yang khas. Pengaruh seni dekorasi islam Moor terlihat dari penggunaan motif-motif bunga dan tumbuhan pada interior ruangan. Courtyard yang diadaptasi dari arsitektur romawi menjadi ciri lain bangunan bergaya Maroko. Mari kita lihat bagaimana sentuhan gaya Maroko pada interior ruang tengah sebuah hunian.

Warna-Warna Alam pada Bangunan
Sejak masa keemasannya di abad 11 hingga abad 15, arsitektur Maroko mengalami berbagai perkembangan tanpa mengubah intinya. Ciri Kasbah (bangunan tradisional setempat, seperti benteng di lereng bukit) yang terlihat kokoh dari masa lalu atau keindahan sentuhan budaya hispano-moorish dari Spanyol merupakan dua pengaruh utama arsitektur Maroko. Dari Kasbah, para arsitek mengadaptasi unsur simplicity, ruangan yang lega, serta harmoni antara bangunan dengan lingkungannya. Dindingnya terbuat dari tanah yang dicetak dan dijemur di bawah matahari hingga kering. Secara otomatis dinding-dinding tersebut berwarna coklat, tan, abu-abu, hijau, oranye, putih, biru dan sedikit merah. Warna-warna ini diambil dari warna tanah, lumut, pohon dan batu yang ada di alam Maroko. Karena itu arsitektur Maroko sering terlihat 'polos' di eksterior namun 'penuh' di interior dengan desain geometris serta motif bunga dan tumbuh-tumbuhan.

Adaptasi dan Kreasi Detail Interior
Dalam penerapannya di cuaca tropis seperti Indonesia, kita bisa menggunakan dinding biasa yang dicat dengan warna-warna bernuansa earth tone tadi. Namun tentu saja pada eksterior, bangunan Maroko Anda bisa tampak lebih kontras pada alam Indonesia yang hijau dibanding pada alam Maroko yang kering. Budaya Moor memberi warna, kompleksitas, dan kemewahan pada arsitektur Maroko. Kita bisa menerapkan elemen dekoratif tersebut sebagai lengkung pada pintu dan jendela. Ukiran dinding bisa digantikan dengan ukiran dan detail pada furnitur. Pemilihan kuat atau lembut warna furnitur dan upholstery sebaiknya terlihat saling mengisi dengan warna dinding dan lantai ruangan.

Bentuk Lain dari Riad
Ruang terbuka di tengah bangunan yang terdapat pada rumah-rumah Maroko disebut Riad. Riad adalah courtyard yang menjadi jantung rumah. Ia merupakan oasis yang menyejukkan di tengah panasnya cuaca Afrika. Riad biasanya berisi berbagai tanaman yang lebat dan disejukkan dengan adanya kolam atau fountain. Keberadaan Riad bisa kita aplikasikan pada interior yang benar-benar tertutup. Dengan beberapa penyesuaian, hirarki Riad sebagai pusat orientasi dari ruang-ruang sekelilingnya tetap bisa tercapai. Pada atap yang tertutup diperlukan pengolahan ceiling yang baik untuk mengganti keindahan langit yang bisa dilihat pada courtyard.

Add comment

Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi homelivingindonesia.com. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Kuis-4-Th-Home-Living

Kuis-4-Th-Home-Living-rev

Populer Article

Latest Comment

Expert Idea

  • 1
  • 2
  • 3
Taman Sebagai Ruang Privat

Taman Sebagai Ruang Privat

Foto: Dok. Home Living Taman rumah adalah sebuah ruang yang memiliki makna beragam...

Read more
Kerlap Kerlip Alami Taman Kita

Kerlap Kerlip Alami Taman…

Pernahkah Anda berharap mendapatkan kejutan-kejutan kecil menyenangkan dari taman rumah Anda? Alam...

Read more
Halaman Rumah Sebagai Ruang Kontemplasi

Halaman Rumah Sebagai Ruang…

Rumah adalah tempat kita menenangkan diri sambil mengisi kembali energi setelah bekerja...

Read more