---

.: Majalah Home Living :.

---

logo

baner


Home / Life Style / Travel and Living / Tanjung Lesung, Pesona Pantai Barat Pulau Jawa
28 Nov

Tanjung Lesung, Pesona Pantai Barat Pulau Jawa

Rate this item
(0 votes)
Foto: Yudi Foto: Yudi

Kawasan Tanjung Lesung dikaruniai kondisi alam yang fantastik. Keindahan-nya mampu mempesona setiap orang yang melihatnya. Sangat masuk akal bila wilayah ini disebut sebagai tujuan berlibur yang sempurna. Tenang untuk bersantai, namun memiliki banyak lokasi yang siap dijelajahi.

Perjalanan ke Tanjung Lesung
Perjalanan kita kali ini mengarah ke pantai Barat Pulau Jawa. Tanjung Lesung terletak di Desa Tanjung Jaya, Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten. Wilayah ini berupa daratan yang monjorok ke laut dan memiliki teluk di sebelahnya yang menyerupai lesung. Tanjung Lesung bisa dicapai dalam 3-4 jam perjalanan mengendarai mobil pribadi dari Jakarta, melalui Anyer-Carita atau Serang-Pandeglang. Bagi yang memilih jalur laut, cukup 2 jam perjalanan dengan speedboat dari Pantai Marina Ancol. Bus Damri dari Serang merupakan satu-satunya angkutan umum yang menuju ke Tanjung Lesung. Saat terbaik mengunjungi Tanjung Lesung adalah sekitar bulan April hingga Oktober. Desember hingga Februari merupakan bulannya Angin Barat yang kurang bersahabat bagi nelayan, di mana ombak tinggi dan air laut tidak terlalu jernih.

Masyarakat Nelayan
Sebagian besar masyarakat Tanjung Lesung bermatapencaharian nelayan. Sepanjang jalan raya yang paralel dengan pantai bisa kita lihat perahu-perahu nelayan dan bagang yang terapung di tengah atau di tepi pantai. Aktivitas nelayan tradisional selalu menjadi obyek yang menarik untuk dilihat. Deretan rak tempat menjemur ikan asin berbaris di tepi pantai. Pagi hari merupakan waktu yang sibuk di tempat pelelangan ikan. Nelayan yang baru pulang melaut merapat ke dermaga disambut para pedagang yang hendak membeli hasil tangkapan mereka. Bila kita ingin mendapat ikan segar dengan harga murah, di sinilah tempatnya. Namun dahulukan para pedagang, karena ikan-ikan ini sumber pendapatan mereka.

Wisata Budaya Banten
Keunikan kehidupan masyarakat Tanjung Lesung tidak hanya terlihat di area pesisir. Kita bisa menyewa getek menyusuri muara dan hilir sungai menuju perkampungan penduduk. Jangan lupa berangkat saat air pasang supaya getek tidak terjebak air dangkal. Memasuki perkampungan, pengunjung akan disambut gondang lesung sebagai ucapan selamat datang. Pertunjukan silat diiringi rampak gendang semakin memeriahkan suasana kampung. Perjalanan keluar kampung melewati rumah-rumah penduduk di mana kita bisa membeli beragam suvenir kerajinan tangan.
Hamparan sawah menjadi selingan yang menyenangkan di antara pemandangan laut dan pantai. Ini yang membuat Tanjung Lesung tidak membosankan.

Penginapan di Tanjung Lesung
Tanjung Lesung merupakan kawasan wisata terpadu yang dilengkapi beberapa penginapan, Kalicaa, Bay Villas, Sailing Club dan Blue Fish. Masing-masing menawarkan konsep yang berbeda-beda. Ada yang berkonsep hotel, bungalow atau vila. Begitupun konsep arsitektur bangunannya, ada yang bergaya Bali, tropical resort atau modern. Beberapa villa memiliki fasilitas eksklusif seperti bar, private swimming pool, spa dan driving range. Harga penginapan bervariasi dari kisaran 600 ribu rupiah hingga 5 juta rupiah per malam.
Fasilitas spa dan massage di hotel menjadi pilihan tepat setelah seharian menjelajahi alam Tanjung Lesung. Badan kembali bugar untuk aktivitas keesokan harinya.

Bermain Air!
Berwisata ke Tanjung Lesung tidak lengkap tanpa menikmati berbagai rekreasi airnya. Mulai dari banana boat yang bisa dinikmati bersama-sama, pedal boat, jet ski, sea kayak, hingga water ski yang bisa dikendarai sendiri. Keindahan terumbu karang di Tanjung Lesung makin sempurna karena airnya yang jernih. Pengunjung bisa memilih snorkeling, diving atau glass bottom boat untuk menikmati keindahan biota laut yang hidup di terumbu karang. Rekreasi yang bermanfaat bisa dilakukan dengan mengikuti kegiatan menanam terumbu karang di tengah laut. Semua aktivitas tadi bisa dilakukan dari Tanjung Lesung Beach Club yang menjadi pusat aktivitas rekreasi air dari semua vila yang ada di Tanjung Lesung. Dari sini pengunjung juga bisa mengunjungi Krakatau, Ujung Kulon, atau Pulau Liwungan. Yang terakhir adalah nama pulau yang didiami hanya oleh sepasang kakek nenek. Pulau ini memiliki pantai yang sangat indah. Di laut antara Tanjung Lesung dan Pulau Liwungan terdapat gugusan terumbu karang yang cukup luas. Perahu bisa berhenti di sini untuk menikmati pemandangan tersebut dari atas atau snorkeling. Trip ke Krakatau dan Ujung Kulon berkisar 5-6 juta rupiah untuk speed boat dengan kapasitas maksimal 8 orang.
Kita juga bisa mengunjungi Krakatau, Ujung Kulon dan Pulau Liwungan dengan cara tradisional, menggunakan perahu nelayan. Perahu nelayan biasanya berangkat dari Cipanon atau Tempat Pelelangan Ikan (TPI) yang tidak jauh, dari Tanjung Lesung. Namun tidak semua nelayan menyediakan rompi pelampung, apalagi asuransi.
Aktivitas di darat tidak kalah seru dengan aktivitas air. Tracking menggunakan sepeda atau berjalan kaki menembus hutan pantai akan mengantar kita ke pantai-pantai lain yang lebih sepi. Kawasan seluas 1500 hektar ini memang masih menyimpan potensi pantai yang belum terolah. Pantai Kalica merupakan salah satu tempat terbaik untuk menikmati sunset dari daratan Tanjung Lesung.

Comments  

 
0 #1 *hzr 2011-12-22 14:35
I'll get there someday :D
Quote
 

Add comment

Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi homelivingindonesia.com. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Kuis-4-Th-Home-Living

Kuis-4-Th-Home-Living-rev

Populer Article

Latest Comment

Expert Idea

  • 1
  • 2
  • 3
Taman Sebagai Ruang Privat

Taman Sebagai Ruang Privat

Foto: Dok. Home Living Taman rumah adalah sebuah ruang yang memiliki makna beragam...

Read more
Kerlap Kerlip Alami Taman Kita

Kerlap Kerlip Alami Taman…

Pernahkah Anda berharap mendapatkan kejutan-kejutan kecil menyenangkan dari taman rumah Anda? Alam...

Read more
Halaman Rumah Sebagai Ruang Kontemplasi

Halaman Rumah Sebagai Ruang…

Rumah adalah tempat kita menenangkan diri sambil mengisi kembali energi setelah bekerja...

Read more